Selamat Datang

SELAMAT DATANG

panduutomo@rocketmail.com

Selasa, 20 Desember 2011

Tata Cara Rekrutment Pegawai PT PLN (Persero)


TINGKAT S1/D4 – D3  TAHUN 2012
 PENEMPATAN DI INDONESIA TENGAH DAN TIMUR
( KALIMANTAN, SULAWESI, NUSA TENGGARA, PAPUA)





Peserta rekrutmen yang lolos seleksi penerimaan akan dididik untuk menempati posisi sesuai dengan kompetensinya dan ditempatkan di seluruh Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero).
Proses Rekrutmen Pegawai PT PLN (Persero) menggunakan sistem gugur, meliputi tahapan :
1.       Pendaftaran melalui Registrasi Online
2.       Verifikasi Dokumen
3.       Seleksi
4.       Diklat Prajabatan

Seleksi meliputi :
a. General Aptitude Test (GAT)
                GAT  adalah sama dengan TPA (Test Potensi Akademik)
b.  Tes Akademis dan Bahasa Inggris
                Tes Akademis dan Bahasa Inggris untuk mengetahui kemampuan dan potensi   akademis yang  dimiliki tiap calon karyawan yang sudah lolos test sebelumnya.
c.  Tes Psikologi dan Diskusi Kelompok.
                Tes Psikologi dilakukan adalah untuk mengetahui psikologi tiap calon karyawan dan         mengetahui berbagai potensi yang ada di dalam diri tiap calon karyawan. Dan diskusi                kelompok bertujuan untuk mengetahui berbagai kemampuan dalam bekerja sama                tiap anggota dan mengungkapkan ide-ide dan pendapatnya masing-masing dalam        memecahkan suatu masalah.
d.   Tes Kesehatan
                Test kesehatan dilakukan untuk mengetahui kesehatan tiap calon anggota karyawan     dan membuktikan bahwa calon karyawan tersebut sehat dalam menjalani kerja.
e.   Wawancara.
                Wawancara sangat diperlukan untuk mengajukan berbagai pertanyaan seputar                lingkungan kerja kedepan.

Peserta yang lolos seleksi akan dipanggil untuk mengikuti Diklat Prajabatan, dan apabila lulus akan diangkat sebagai Pegawai PT PLN (Persero) dan ditempatkan pada posisi jabatan yang dilamar di seluruh Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero).

PERSYARATAN
 1.  UMUM
a.    Seleksi penerimaan dilaksanakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Peserta dapat memilih sendiri tempat seleksi yang diinginkannya;
b.    Jenis Kelamin Laki-laki;
 c.     Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat Prajabatan;
d.    Batas Usia :
                o   S1/D4  : Kelahiran 1985 dan sesudahnya;
                o   D3       : Kelahiran 1987 dan sesudahnya.
e.    Bidang Studi sesuai dengan jabatan yang dilamar;
f.      IPK :
                o    IPK > 2,75 untuk Teknik;
                o    IPK > 3,00 untuk Non Teknik;
g.    Satu pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) kode jabatan saja sesuai bidang studi yang dimiliki;
h.    Pelamar setingkat S1/D4 tidak boleh memilih jabatan setingkat D3 (down grade);
i.      Sehat jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia;
j.      Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti seleksi dan Diklat Prajabatan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero);
k.     Semua pengumuman/panggilan yang berkaitan dengan rekrutmen ini menggunakan website PT PLN (Persero). Pelamar wajib memantau secara terus menerus pengumuman yang akan ditayangkan di website PT PLN (Persero);
l.      Tidak ada korespondensi berkaitan dengan rekrutmen ini;
m.   Keputusan Panitia tidak dapat diganggu gugat.

2. JABATAN DAN BIDANG STUDI YANG DIPERLUKAN.

S1/D4
1. ED
Assistant Engineer di bidang Distribusi Tenaga Listrik
(Merencanakan, mengawasi, mengelola sistem jaringan distribusi, dan/atau mengoperasikan/memelihara instalasi distribusi)





D3
1. TDT
Junior Engineer di bidang Distribusi Tenaga Listrik
(Merencanakan, mengawasi, mengelola sistem jaringan distribusi, dan/atau mengoperasikan/memelihara instalasi distribusi)




3. PNG
Junior Analyst di bidang Niaga Tenaga Listrik
(Melaksanakan proses administrasi pelanggan, pelayanan pelanggan, dan/atau pemasaran dan penjualan tenaga listrik)



3. PROSES DAN PROSEDUR LAMARAN
a.   Lakukan registrasi lamaran dengan membuat account baru terlebih dahulu. Link aktivasi untuk login akan dikirimkan oleh sistem ke alamat email anda. Lakukan pengaktifkan account anda dengan mengklik link tersebut sebelum anda memasukan data diri.
b.   Kesalahan pengisian sehingga mengakibatkan pelamar tidak lolos pada tahap input data menjadi tanggung jawab masing-masing pelamar dan pelamar tidak berhak untuk mengikuti tahap berikutnya.
c.    Tombol Simpan Data digunakan untuk menyimpan data anda sementara. Anda diperbolehkan mengisi atau merubah data anda sebanyak 3 kali dengan mengklik tombol Simpan Data. Apabila anda sudah yakin akan data yang diisi, anda dapat klik tombol Daftar. Data yang akan diproses hanya peserta yang telah mengklik tombol daftar.
d.    Setelah tombol Daftar di klik, akan muncul halaman untuk mencetak kelengkapan berkas lamaran bagi pelamar yang dinyatakan lolos. Berkas ini diperlukan pada tahap selanjutnya (Verifikasi Dokumen).  Pelamar yang tidak lolos/gugur tidak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

e.    Cetak kelengkapan berkas lamaran tersebut, yaitu:
1.Surat Lamaran.
2.   Daftar Riwayat Hidup.
3.   Surat Pernyataan tentang bersedia ditempatkan di Unit dan Wilayah Kerja PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia dan tidak terlibat penyalahgunaan narkoba.
f.   Isi dan tanda tangani seluruh berkas lamaran tersebut di atas. Khusus untuk Surat Pernyataan, agar ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,00.
g.     Lengkapi berkas lamaran dengan seluruh dokumen pendukung yang dipersyaratkan, yaitu:
1.       Surat Keterangan sehat dan tidak buta warna;
2.       Foto kopi akte/surat kelahiran yang dilegalisasi;
3.       Foto kopi ijazah terakhir atau surat keterangan lulus yang dilegalisasi;
4.       Foto kopi transkrip nilai yang dilegalisasi;
5.       Foto kopi KTP yang masih berlaku;
6.       Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4X6 sebanyak 3 (tiga) lembar;
Jika dokumen tidak dilegalisasi maka pada saat penyerahan agar menunjukkan dokumen yang asli
h.   Masukkan semua berkas lamaran dan dokumen pendukung ke dalam satu map untuk diserahkan pada saat verifikasi dokumen.  Waktu dan tempat verifikasi dokumen akan diberitahukan sewaktu-waktu melalui e-mail atau melalui website PT PLN (Persero).
i.    Apabila pada saat verifikasi dokumen ada ketidaksesuaian antara dokumen dan data pelamar yang diisikan pada formulir Registrasi Online, maka pendaftar dinyatakan tidak lolos atau gugur.
j.    Pelamar yang tidak lolos seleksi Registrasi Online, tidak perlu menyerahkan dokumen untuk verifikasi.

4. PERSIAPAN SEBELUM MENGAJUKAN LAMARAN
Untuk menghemat waktu akses dan mengurangi kesalahan data pada saat pelamar mengisi formulir di Registrasi Online, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Pelamar dapat juga memasukkan file scan pas foto dengan besar file maksimal 200 Kb. Pelamar wajib mempunyai email.

5.  LAIN – LAIN.
a.  Seleksi bersifat nasional untuk seluruh lokasi tes, dilaksanakan dengan metoda dan ketentuan / persyaratan yang sama.
b.  Pelamar yang sudah pernah mengirimkan lamaran sebelumnya dinyatakan tidak berlaku dan diwajibkan mengajukan kembali
sesuai ketentuan di atas.
c.  Surat lamaran yang telah dikirim/diterima tidak dapat ditarik kembali.
d.  Prioritas pemanggilan peserta disesuaikan dengan kebutuhan PT PLN (Persero).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar